Skip to content

5 Penyebab Bau Napas Tak Sedap

Agustus 2, 2011

Jangan sampai menunggu teman untuk memberitahu bahwa Anda mempunyai bau mulut, Anda dapat mengetahuinya sendiri dengan cara masukkan salah satu jari Anda yang bersih ke dalam mulut, dan ambillah air liur yang ada di belakang lidah Anda, kemudian taruh air liur tersebut ke punggung tangan Anda, tunggu beberapa saat, dan bau. Apakah itu adalah sesuatu yang mau Anda cium?

Pertama, Anda perlu mengenali 5 penyebab dari bau napas tak sedap:

1. Bakteri
Bakteri yang berkembang biak di dalam mulut Anda dapat menyebabkan bau mulut. Mikroorganisme ini bersembunyi di antara gigi Anda dan menutupi lidah Anda, setelah itu mereka akan berkembang biak dan mengeluarkan racun serta bau tak sedap.

2. Kriptus
Jauh di lubang amandel Anda, terdapat kriptus, penyebab umum dari halitosis. Jika amandel Anda terlalu lebar dan menggumpal, bau seperti keju akan berkumpul di lubang-lubang tersebut. Gumpalan ini terkadang bau, dan menyebabkan bau mulut tak sedap.

3. Makanan Berbau Tajam
Makanan yang berbau tajam seperti bawang merah, bawang putih, ataupun ikan dapat menyebabkan bau mulut, bahkan bau tersebut akan tetap ada berjam-jam setelah menggosok gigi.

4. Kebiasaan Buruk
Kebiasaan buruk seperti merokok (baik itu menghisap rokok, cerutu, atau pipa), mengunyah tembakau dapat meninggalkan rasa dan bau yang benar-benar buruk di mulut Anda.

5. Masalah Perut
Kadang-kadang masalah seperti Gastroesophageal reflux disease (GERD) ataupun maag dapat menyebabkan bau mulut bila Anda melepaskan gas dan bersendawa. Diet rendah karbohidrat juga dapat menyebabkan ketosis (pembakar lemak) yang ada di dalam tubuh menghasilkan bau naga.

Kini, untuk memperbaikinya, berikut adalah beberapa tips sederhana dari para ahli kesehatan oral:

  • Sikat gigi dan lidah Anda secara teratur dan benar. Saat Anda sedang menyikat gigi dengan pasta gigi ber-fluoride, sikat juga bagian belakang lidah Anda. Menyikat lidah dapat menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut. Dalam sebuh studi ditemukan bahwa dengan menyikat lidah, persepsi bau mulut terhadap para relawan penelitian tersebut dapat berkurang sebanyak 70%.
  • Floss sekali dalam sehari untuk mendapatkan nafas segar. Flossing (membersihkan gigi dengan benang) wajib dilakukan, karena floss dapat mengeluarkan partikel-partikel makanan yang tersembunyi, menghilangkan plak (lapisan bakteri yang terbentuk di sekitar gigi).
  • Berkumur dengan peroksida untuk melawan halitosis. Obat kumur antimikroba adalah hal yang penting jika Anda memiliki masalah plak berlebih. Oksigen dalam hidrogen peroksida membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut.
  • Perbanyak Minum
    Minumlah yang banyak untuk mencegah bau mulut yang dikarenakan mulut kering (xerostomia). Mulut kering atau berkurangnya air liur dapat disebabkan karena kurangnya cairan yang diminum, pernapasan dari mulut, ataupun karena obat-obatan seperti antihistamines.
  • Cek Sinus Anda
    Sinus dapat menyebabkan bau mulut. Bau mulut seringkali merupakan suatu tanda dari infeksi sinus yang telah mendasarinya.
  • Makan Yogurt
    Yogurt mengisi ulang bakteri baik di usus dan dapat menyehatkan mulut. Selain yogurt, Anda dapat mencoba untuk mengonsumsi seledri dan peterseli yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur.
    Permen Karet Xylitol
    Kunyahlah permen karet yang mengandung xylitol untuk menghilangkan bau mulut. Mengunyah permen karet dapat menyebabkan air liur Anda keluar jika mulut Anda kering. Air liur di sini dapat membilas bakteri yang ada di mulut Anda.

Jika halitosis masih saja mengganggu Anda, maka segeralah mengunjungi dokter gigi terdekat. Usahakan untuk selalu memeriksakan gigi Anda setiap 6 bulan sekali, dengan begitu Anda akan mengetahui lebih jelas dan mendapatkan solusi tentang mengapa bau mulut tetap mengganggu performance Anda.

From → Kesehatan Gigi

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: