Skip to content

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Juli 31, 2011

Mungkin Anda sudah menyikat gigi dua kali sehari dan rutin mengunjungi dokter gigi. Namun, tetap saja akan mungkin ada akan ada sisa makanan di mulut yang bisa menyebabkan napas kurang sedap sehingga senyum pun kurang maksimal. Lalu bagaimana agar kita senastiasa bisa tersenyum bebas tanpa khawatir tengang aroma apa pun? Berikut tips untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi agar senyum senentiasa cemerlang:

a. Asup banyak kalsium
Minum susu akan membangun tulang dan gigi yang kuat. Adapun kekurangan kalsium akan meningkatkan risiko kerusakan gigi dan gigi berlubang.

b. Tingkatkan asupan vitamin C
Jeruk atau buah dan makanan lain yang tinggi vitamin C membantu melindungi mulut dari berbagai infeksi. Asuplah vitamin C lebih banyak sehingga mengurangi risiko Anda mengalami gingivitis.

c. Rajin makan buah dan sayuran
Buah dan sayuran membantu menyingkirkan bakteri dari gigi dan mengunyahnya meningkatkan produksi bakteri sehingga menetralkan air liur.

d. Minum teh dan air putih
Penelitian telah menunjukkan bahwa teh hitam dapat membersihkan mulut Anda dari bakteri penyebab plak gigi. Dan, air putih akan membilas dan menyingkirkan bakteri dan partikel makanan yang akhirnya dapat berubah menjadi plak.

e. Hindari permen dan soda
Gula dan asam merupakan dua zat berbahaya bagi gigi. Anda tidak harus benar-benar menghindarinya, tetapi makanlah secukupnya dan jangan lupa menggosok gigi setelahnya.

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: